Custom Search

Tuesday, June 17, 2008

Brotchen dan Cream Soup Asparagus

Brotchen


Banyak tamuku yang dari Jerman rindu sama Brotchen, soalnya buat mereka sarapan pagi dengan Brotchen lebih nikmat dibanding dengan roti..jadilah aku coba buat roti ini...tapi yang penting yang harus diperhatikan adalah raginya harus yang bagus..kalau nggak bisa gagal ngembangnya.
soalnya aku buat roti ini pernah gagal sekali tetapi sekarang nggak lagi he..he ..he udah jago lah ya

Bahan:
  • 250-350 ml air hangat kuku
  • 1 sendok makan active dried yeast/ragi kering
  • 550 gram white flour, plus sedikit extra untuk dusting
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok teh madu kalau bisa yang bening kalau nggak ada nggap apa2 pakai yang coklat
  • 2 sendok makan extra virgin olive oil, plus extra untuk brushing

Cara membuat
  1. Masukkan 150 ml air kedalam mangkuk, taburkan ragi kedalamnya. Diaduk-aduk sampai larut. Diamkan ditempat yang hangat selama 10 menit. sisihkan
  2. Masukkan tepung teigu, garam kedalam sebuah mangkuk besar
  3. Campurkan madu dan olive oil kedalam larutan ragi (nomor 1) aduk sampai tercampur rata.
  4. Buat lubang ditengah-tengah bahan kering (nomor 2) Masukkan kedalamnya larutan ragi (nomor 3). Dicampur dan diaduk-aduk sampai adonan lembut dan sedikit lengket. Masukkan air hangat (sisa air yang sudah disiapkan tadi) kedalamnya sedikit demi sedikit, sampai tercampur rata dan konsistensinya tepat. (kalau kelebihan airnya nggak perlu dimasukkan semua airnya)
  5. Pindahkan adonan tersebut ke permukaan yang sudah ditaburi sedikit tepung supaya tidak lengket (bisa meja atau talenan), taburkan sedikit tepung di kedua tangan. Ulenin adonan selama 10 menit sampai halus.
  6. Lapisi sebuah mangkuk besar dengan sedikit minyak (sebaiknya pakai kuas)-mangkuknya harus cukup besar untuk memberi tempat adonan tersebut untuk berkembang (dua kali lipat ukuran sebelumnya) Letakkan adonan didalamnya, tutup mangkuk tersebut dengan kain yang bersih. Diamkan ditempat yang hangat selama 2 jam
  7. Waktu adonannya sudah membesar dua kali ukuran semula, buka penutup, lalu ulenin kembali kurang lebih 1o menit sampai halus. Bagi menjadi kecil sesuai selera (biasana 8-10 buletan), diamkan adonan tersebut selama beberapa waktu.
  8. Masukkan ke oven kurang lebih 10 menit (sebelumnya ovennya dipanaskan dulu)
  9. Keluarkan kembali dan olesi dengan putih telur baru ditaburi wijen
  10. setelah itu masukkan kembali ke Oven kurang lebih 15 menit

Supaya pagi-pagi bisa di makan dengan fresh bisa disiapkan malam hari jadi cukup membuatnya sampai dengan urutan ke 8, dan besoknya dilanjutkan kembali ke urutan no. 9-10 Brotchennya terasa lembut dan segar.

selamat mencoba

No comments:

Bookmark and Share