Custom Search

Friday, April 11, 2008

Tips Membuat Kue dan Bolu

Supaya hasil kue yang kamu buat sempurna. Kamu perlu membaca resep dengan teliti dan mengukur tepat semua bahan yang diperlukan untuk membuat kue.

Berikut ini tips supaya buatan kamu sempurna:
  1. Telur: Harus segar dengan suhu ruangan. jadi sebaiknya kalau kamu buat kue jangan pakai langsung telur yang baru dikeluarkan dari kulkas, keluarkan dulu kemudian biarkan +/- 4 jam di suhu ruangan, agar telur tidak dingin lagi dan kue bisa mengembang sempurna.
  2. Tepung Terigu: perlu dijemur kering dan diayak
  3. Mentega Tawar: Pilih yang tidak tajam aromanya. Mentega (butter) terbuat dari susu sapi sehingga kue/bolu terasa lezat dan mewah. Jika dikehendaki dapat digantikan dengan margarine yang terbuat dari minyak nabati.
  4. Kocok bahan-bahan yang diperlukan hingga sesuai dengan yang tertera pada resep.
  5. 4 butir telur baru mengembang dan kental setelah dikocok selama +/- 15 menit
  6. Putih telur akan mengembang sempurna bila mangkok yang dipakai benar-benar kering dan sama sekali tidak tercampur kuning telur
  7. Mau tahu rahasianya, kapan putih telur yang dikocok sudah sempurna?? caranya balikkan mangkok tempat berisi putih telur yang telah dikocok, kalau dia sempurna kocokkanya, pasti pada saat dibalikkan mangkoknya, putih telur tidak akan tumpah.
  8. Sebelum mencampurkan tepung ke dalam adonan, nyalakan api dan panaskan oven +/- 15 menit sebelum adonan dimasukkan.
  9. Ketika kue matang, tepinya akan mengkerut sedikit ke dalam. Untuk memastikan, tusukan sebatang lidi dibagian tengah kue. Jika kering tandanya kue sudah matang.
Kamu punya tips-tips lain bagaimana membuat kue yang sempurna, yok sharing dan berbagi resep favorite sama aku.

1 comment:

Dewa Ayu Inda said...

lebih enak kali yah klo diiisi potongan buah yg kecil2 :D

Bookmark and Share